Bli Tyan On Sosial Network : RSS Feed | Bloggers | Digg | Linkedin
Raih Dollar Pasti, Legal, dan Halal Dengan ProfitClicking

11/17/2011

Mengisi Security Question!! Simak Tips ini

Posted by Bli Tyan
Ketika kita membuat email, sebagai penjaga keamanan selain diminta membuat password kita juga diminta untuk mengisi security question atau pertanyaan keamanan, dimana security question ini berfungsi sebagai pertahanan keamanan terakhir ketika kita mengalami lupa password.

Kita dapat memilih dari beberapa pertanyaan keamanan yang tersedia, atau membuat pertanyaan sendiri, kemudian kita harus mengisi jawaban untuk pertanyaan itu. Dalam memilih atau membuat pertanyaan, kita harus memilih pertanyaan yang kita tau betul jawabannya dan tidak boleh lupa.
Security Questions : Celah Keamanan Pada Pertahanan Terakhir (Pertahanan Terakhir Yang Rapuh)
Meskipun terlihat sederhana, namun proses ini terbilang sangat penting dan tidak dapat disepelekan, gunakan pertanyaan yang sekiranya hanya kita yang tau jawabannya, karena kesalahan dalam memilih security question atau pertanyaan keamanan justru akan menjadi jalan mudah bagi masuknya hacker yang akan mengambil alih akun email kita.

Berikut ini beberapa tips memilih dan mengisi Security Question atau Pertanyaan Keamanan (Tips Keamanan Security Question) versi Bli Tyan :
  1. Pilih pertanyaan yang hanya kita yang tau jawabannya,
  2. Seperti halnya membuat password, tidak ada salahnya dalam memberi jawaban untuk pertanyaan keamanan tersebut kita memadukan antara huruf, angka dan kode supaya lebih susah ditebak,
  3. Jika kita yakin memiliki kekuatan ingatan yang baik, kita bisa mengisi jawaban dari pertanyaan tersebut dengan jawaban yang justru tidak ada hubungannya dengan pertanyaan, dengan demikian hacker akan lebih susah menebak jawaban atas pertanyaan tersebut, sehingga password dan akun kita akan lebih aman.
Memilih dan mengisi security question sama pentingnya seperti ketika kita membuat password, namun sayangnya kebanyakan dari kita masih menganggap remeh tahap membuat email yang satu ini, sehingga justru menjadikan celah keamanan yang tidak kita sadari.

Dari mana hacker/attacker dapat menemukan jawaban atas security question yang kita buat?

Banyak jalan untuk mendapatkan informasi detail tentang diri kita, mulai dari melakukan perkenalan dan pendekatan secara halus sambil mengumpulkan informasi, sampai memanfaatkan media yang sudah ada seperti facebook.

Tidak jarang kita memberikan informasi yang terlalu lengkap di facebook, alih-alih untuk memberikan informasi lengkap kepada teman-teman online kita, tapi justru 'kesalahan' ini dapat memberikan kemudahan bagi hacker atau orang usil untuk mengambil alih akun email kita. 'Kesalahan' karena tak jarang informasi pribadi yang kita tampilkan di facebook ada hubungannya dengan password maupun jawaban atas security question akun email kita.

Jika akun email kita sudah jatuh ke tangan orang lain, maka siap-siap saja akun internet kita yang lain akan jatuh ke tangan orang asing, misal facebook.

Sampai jumpa di posting Info Lain Bli Tyan berikutnya :)


Please subscribe, leave a comment, follow this blog and share this article with your friends and colleagues.
by: http://blityan.blogspot.com

Share This On :


Related Post :

0 comments:

Post a Comment

Raih Dollar Pasti, Legal, dan Halal Dengan ProfitClicking
Bli Tyan Visitors
 

Copyright © 2011 Bli Tyan | Design by Ibllezboy

▲ TOP