Bli Tyan On Sosial Network : RSS Feed | Bloggers | Digg | Linkedin
Raih Dollar Pasti, Legal, dan Halal Dengan ProfitClicking

4/01/2012

Jurus Hemat di Saat Harga Melonjak

Posted by Bli Tyan
Tahukah anda kawan?? Kebiasaan yang kita jalankan setiap harinya menentukan seperti apa masa depan kita. Tak terkecuali dalam hal keuangan. Coba deh kawan-kawan amati cara dan kebiasaan kita mengelola uang. Jika hingga saat ini kondisi keuangan pribadi masih carut marut, memiliki penghasilan rutin bulanan namun tak dapat menikmatinya atau pas-pasan bahkan defisit setiap akhir bulan, saatnya instrospeksi diri.
"Kenaikan pengeluaran adalah sebuah keniscayaan yang tidak bisa dihapuskan, ketimbang kita mencari alasan kenapanya, lebih baik menaikkan penghasilan dan me-manage keuangan secara bijaksana" (Hari ‘Soul’ Putra).
April 2012 ini Bahan Bakar Minyak (BBM) tidak jadi dinaikkan oleh pemerintah. Namun dalam enam ke depan, bisa saja dinaikkan. Jika kita harus protes, itu adalah hal yang wajar, tetapi jika kita melihat ini sebagai sebuah pemacu semangat untuk menaikkan penghasilan kita, maka ini menjadi sebuah revolusi dalam diri, keluarga dan komunitas kita.

BBM Vs BBM

Kita tahu, harga BBM selalu dan cenderung naik dari waktu ke waktu. Sekarang coba anda fikirkan baik-baik,
BBM itu, kebutuhan ataukah keinginan?
Jika BBM tersebut adalah kebutuhan, maka suka atau tidak, seperti kita makan nasi, karena kebutuhan maka kita akan membeli berapapun, selagi masih dalam batas-batas kewajaran.

Sekarang, kebalikannya ada keinginan untuk memiliki BBM (BlackBerry Machine) terbaru, apakah ini termasuk kebutuhan ataukah keinginan.

Tren yang diciptakan oleh vendornya BBM, RIM apakah termasuk urusan kebutuhan kita ataukah keinginan mereka? Jika itu keinginan mereka, maka kita langsung bilang, setop memiliki HP BBM terbaru.

Kita harus bisa membedakan kebutuhan dan keinginan barang dan jasa untuk kita. Kebutuhan lebih kita prioritaskan ketimbang keinginan sesaat.

Naikkan timbangan penghasilan

Setiap waktu, penghasilan kita akan selalu menurun akibat inflasi dari tahun ke tahun. Paling tidak sama, kecuali kita melakukan sebuah lompatan cukup tinggi.

Misal, jika Anda seorang supervisor bisa naik menjadi level direktur dalam hitungan bulan, maka penghasilan yang Anda dapatkan akan signifikan. Bagi Anda yang memiliki usaha, kenaikan hingga 300 persen secara rutin dan sustainable, bisa mengkover semua kebutuhan Anda sehari-hari.

Jika tidak, berarti Anda harus mencari alternatif pekerjaan sampingan atau diversifikasi bisnis Anda, itu adalah solusi idealnya. Baca juga : 7 Kebiasaan untuk Perbaiki Finansial Pribadi

Paling tidak ada delapan bidang untuk menaikkan penghasilan Anda yaitu menjadi karyawan paruh waktu (part time), menjual barang dan jasa, menjual keahlian, membuka usaha sendiri, menjalankan usaha network marketing, ikut investasi bagi hasil, melakukan investasi pendapatan tetap, dan melakukan jual beli produk keuangan. Baca juga : Investasi Tanah Lebih Menjanjikan.

Jurus hemat di saat harga melonjak


Jika belum juga, maka solusi terakhirnya adalah dengan prinsip kembali ke alam, bersahabat dengan alam. Hidup yang lebih organik. Paling tidak ada enam kategori yang bisa kita hemat ketika harga-harga melonjak tajam:



  1. Keuangan
    Menabunglah terlebih dahulu berapa pun uang yang Anda dapatkan di awal. Lalu lanjutkan dengan investasi, baru sisanya buat kebutuhan sehari-hari. Paling tidak, jika konsisten Anda terapkan, tahun depan Anda sudah bisa merasakan hasilnya. Baca juga : Mengelola uang agar tidak boros

    Carilah perkumpulan-perkumpulan sosial dan semi sosial semacam koperasi, jadilah pengurus atau anggota yang aktif. Selain Anda bisa mendapatkan diskon ketika membeli barang dan jasa, juga Anda bisa mendapatkan benefit-benefit seperti pengembangan pengetahuan dan pengembangan keterampilan diri serta SHU (Sisa Hasil Usaha) ketika RAT (Rapat Anggota Tahunan).

    Di luar itu, untuk barang-barang bulanan, lakukan pembelian secara diskon di toko grosir/agen dengan mengkoordinir di tiap perumahan atau RT setempat. Sebelum tidur, cek uang receh logam/kertas di bawah Rp10 ribu untuk Anda simpan di celengan Anda, setelah cukup banyak baru Anda tabung di bank.

  2. Makanan
    Ketika Anda berangkat kerja, bawalah selalu makan siang dari rumah, selain lebih higienis juga bisa menghemat pengeluaran makan siang Anda.

    Buat acara-acara keluarga, sebaiknya Anda dan pasangan Anda memasak sendiri, ketimbang makan di restoran-restoran mewah. Selain memperat hubungan antarkeluarga, juga bisa menghemat uang Anda secara signifikan.

    Pada saat membeli belanja bulanan atau belanja rutin, usahakan Anda sudah makan di rumah terlebih dahulu agar tidak tergoda untuk membeli makanan serta catat semua barang-barang yang akan dibeli dan konsistenlah dengan yang benar-benar Anda butuhkan, jangan mudah tergoda dengan keinginan sesaat. Baca juga : Resep Ampuh Berbisnis Kuliner.

  3. Energi dan air
    Lebih baik memakai air dari shower ketimbang air dari gayung, karena bisa menghemat 50 persen air dan itu membuat Anda akan terbiasa mencintai alam serta memulai dengan gaya hidup organik (kembali ke alam).

    Pada saat Anda memasak atau merebus di kompor, usahakan nyala apinya kecil saja, karena api yang besar bisa memboroskan energi (gas Lpg atau minyak tanah Anda).

    Sebelum membuka kulkas, pastikan barang apa yang akan Anda ambil, karena keseringan membuka tutup freezer atau kulkas ramah lingkungan Anda, akan tetap memboroskan energi. Hanya memakai lampu TL bukan bohlam, karena bisa menghemat dan cahayanya terang di dalam rumah Anda.

  4. Mobil dan kendaraan bermotor
    Kendarailah kendaraan bermotor Anda dengan kecepatan stabil 80 km/jam di dalam tol, dan usahakan jangan mengerem mendadak atau tancap gas secara tiba-tiba.

    Selalu sediakan uang receh untuk parkir nontarif dan jika Anda harus menggunakan tarif, gunakan kartu pra bayar seperti kartu Flaz/Mandiri serta pakailah timer. Jika Anda punya keperluan di bawah dua jam, usahakan tepat waktu jangan sampai Anda melewati dua jam lebih satu menit, Anda tetap diminta membayar untuk tiga jam.

    Agar mobil atau motor tetap kelihatan baru, lakukan pemolesan paling sedikit dua kali setahun untuk melindungi catnya. Jika Anda memiliki mobil atau motor bekas, belilah yang baru berumur dua sampai tiga tahun dan gunakan minimal tiga tahun karena harganya yang cenderung turun, padahal kondisinya masih bagus. Baca juga : Cara Menghindari Tagihan Hutang

  5. Pakaian dan fashion
    Selain menahan selera shopping, Anda harus melakukan diet terhadap pakaian yang ada sekarang. Jangan sampai Anda harus mengganti baju-baju Anda setiap tahun, karena kelebihan berat badan.

    Shopping-lah jika Anda sudah memiliki anggaran dana buat shopping dan hindari membali baju ‘fashion musiman,’ karena akan habis masa pakainya (tren kadaluwarsa). Pembelian barang-barang SALE 50% atau DISCOUNT hanya jika Anda sudah memiliki dana atau pos anggaran buat belanja fashion.

    Gunakanlah merek-merek kosmetik alami tanpa efek samping dan harganya bersahabat dengan kantong Anda, ketimbang menggunakan harga mahal karena gengsi tetapi secara jangka panjang merusak wajah Anda karena berbahan kimia.

  6. Hiburan dan waktu senggang
    Jadikan olahraga rutin seperti jogging untuk memelihara kesehatan Anda dan keluarga.

    Coba hubungi tempat-tempat hiburan murah dan berkualitas seperti museum, taman hiburan, perpustakaan, kantor-kantor perwakilan asing, pusat-pusat kesenian yang biasanya secara reguler mengadakan acara-acara tersebut.
Bawalah makanan ketika Anda akan mengunjungi tempat-tempat hiburan tersebut ketimbang makan di luar. Carilah Hobi Yang Menghasilkan Uang., misalnya berkebun organik sembari menjual hasil perkebunan organik Anda.


Please subscribe, leave a comment, follow this blog and share this article with your friends and colleagues.
by: http://blityan.blogspot.com

Share This On :


Related Post :

0 comments:

Post a Comment

Raih Dollar Pasti, Legal, dan Halal Dengan ProfitClicking
Bli Tyan Visitors
 

Copyright © 2011 Bli Tyan | Design by Ibllezboy

▲ TOP