Bli Tyan On Sosial Network : RSS Feed | Bloggers | Digg | Linkedin
Raih Dollar Pasti, Legal, dan Halal Dengan ProfitClicking

7/16/2010

Mengenal Posts & Pages Wordpress

Posted by Bli Tyan
Apa sih yang di maksud dengan Posts dan Pages pada blog wordpress?

Di Blog wordpress ada 2 tempat untuk membuat postingan atau artikel, yaitu post dan page. Yang mana antara post dan page tersebut memiliki beberapa perbedaan.

Bagi anda yang benar-benar pemula sebaiknya baca terus artikel ini, karena selain memperkenalkan Posts dan Pages di wordpress, Bli Tyan juga akan menjelaskan fitur yang ada di sana. Bagi anda yang ingin tahu Cara Membuat Posting Di Wordpress maka artikel ini juga bisa memandu anda dalam membuat posting atau halaman di blog wordpress.

Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai Posts dan Pages di Wordpress Bli Tyan akan tunjukkan menu Posts dan Pages tersebut, silakan lihat gambar berikut ini

post dan page wordpress

Itulah gambarana Menu Posts dan Pages tersebut dan letaknya ada di sebelah kiri Dashboard Blog Wordpress anda. Agar lebih mudah belajar blog wordpress sebaiknya install dulu script wordpress di komputer, jika belum tahu caranya silakan baca : Cara Install Wordpress di LocalHost/Komputer/Laptop. Setelah sudah yakin bahwa anda bisa menjalankan blog wordpress maka anda bisa praktek secara Online dengan Cara Install Wordpress di Hosting.

Ok mari kita kembali ke topik utama.
Cara Membuat Posting Di Posts atau Pages Wordpress

1. Mengenal Pages di Wordpress.
Bli Tyan sengaja mendahulukan pages karena fiturnya lebih sedikit, jadi lebih mudah mikirnya bro :-) hahaha

Pages biasanya sangat jarang di gunakan, dan biasanya di gunakan untuk membuat halaman Profile (Tentang atau About), halaman Kontak, halaman Produk, dsb. Selain itu tulisan yang ada di pages juga tidak di tampilkan di halaman Home paling yang ada cuma Link Menu yang menuju kehalaman Page tersebut.

Dalam pembuatan pages anda hanya perlu membuat judul pages tersebut (Misal : Tentang), kemudian isi uraian halaman tersebut, setelah itu silakan publikasikan halaman tersebut dengan mengklik tombol Publish.

pages halaman wordpress

Catatan: Jika anda menggunakan plugin tambahan (Plugin SEO untuk Optimasi Blog Wordpress) maka anda bisa membuat Title, deskripsi, dan keyword untuk halaman tersebut (Jika Mau, karena ini tidak wajib di isi).

2. Mengenal Posts di Wordpress.

Mari kita ke halaman Post di wordpress. Untuk membuat Posting baru silakan klik Add New pada tab Posts.

membuat posting di wordpress

Halaman Post adalah yang paling sering di gunakan, baik untuk membuat artikel seputar tips, trik, news, berita, dsb. Karena tulisan yang kita buat di post akan di tampilkan di home (Halaman Awal Blog) baik sebagiannya saja atau seluruh isi artikel tersebut.

Contoh hasil dari post tersebut adalah halaman ini.

Pada bagian post ada 2 fitur yang perlu anda perhatikan, dan sebaiknya selalu gunakan fitur ini, fitur tersebut adalah Categories dan Post Tags.

Dengan membuat Categories (Kategori) untuk posting tersebut blog anda akan terlihat lebih rapi dan tujuannya adalah untuk mengelompokkan artikel yang berhubungan dalam 1 kategori (Misalnya : Panduan Wordpress, Tips Komputer, dsb). Jika artikel yang anda buat berhubungan dengan kategori (Panduan Wordpress => Misalnya) maka berilah centang pada kategori tersebut, maka artikel yang anda buat akan masuk dalam kategori Panduan Wordpress.

Tags : Fitur ini juga perlu selalu di gunakan, apalagi blog anda sudah di Optimasi dengan plugin SEO maka tags ini akan di jadikan sebagai keyword untuk artiket tersebut, jadi isilah tags dengan keyword-keyword yang sesuai dengan artikel yang anda buat.

Mudah-mudahan bisa bermanfaat, dan mohon maaf jika ada yang kurang atau ada yang salah. Bagi teman-teman yang merasa ada yang salah atau ada yang kurang silahkan betulkan atau tambahkan melalui kolom komentar di bawah ini :)
Sampai jumpa di posting Wordpress Tutorial Bli Tyan berikutnya :) Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Please subscribe, leave a comment, follow this blog and share this article with your friends and colleagues.
by: http://blityan.blogspot.com

Share This On :


Related Post :

0 comments:

Post a Comment

Raih Dollar Pasti, Legal, dan Halal Dengan ProfitClicking
Bli Tyan Visitors
 

Copyright © 2011 Bli Tyan | Design by Ibllezboy

▲ TOP